Waspada Gelombang Tinggi Tiga Hari ke Depan

16 views
Ilustrasi gelombang ekstrem/ NET
- Advertisement -

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi gelombang tinggi untuk tiga hari ke depan, Senin (11/2/2019) hingga Kamis (14/2/2019). Dalam siaran pers yang diterima Republika, BMKG mengidentifikasi pola sirkulasi massa udara di Samudra Hindia barat Bengkulu.

BMKG mengatakan dalam rilisnya, gelombang tinggi terjadi akibat pola angin di utara Indonesia umumnya dari arah Utara-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 – 25 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 – 20 knot.

Adapun gelombang tinggi mulai dari 2.5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara Perairan Utara Kep. Natuna Perairan Utara Sulawesi, Laut Sulawesi, Perairan Kep. Sangihe – Kep. Talaud, Laut Maluku Bagian Utara, Perairan Utara Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua Barat.

BMKG memberikan peringatan dini pada keselamatan pelayaran seperti dari perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada.

- Advertisement -