Pasukan Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina di Tepi Barat

28 views
Rumah warga Palestina ddihancurkan/ Maan News
- Advertisement -

TEPI BARAT – Pasukan rezim Israel telah menghancurkan sebuah rumah Palestina di sebuah desa di kota Betlehem, Tepi Barat, yang membuat lima penghuninya kehilangan tempat tinggal.

Kantor berita Palestina melaporkan pada hari Senin (11/2/2019) bahwa puluhan tentara Israel yang bersenjata lengkap mengawal buldoser ke bagian utara desa al-Walajah di Bethlehem dan menghancurkan properti seluas 100 meter persegi di sana.

Rumah itu dimiliki oleh seorang Palestina bernama Majdi Shweiki yang  tinggal di sana bersama keluarganya.

Ma’an News melaporkan sekitar 180 rumah di Desa al-Walaja telah menerima pemberitahuan pembongkaran dari otoritas rezim Israel dan bahwa 40 dari mereka telah menerima perintah penghancuran di bawah klaim bahwa mereka telah dibangun tanpa “izin bangunan,” yang tidak pernah dikeluarkan oleh rezim Israel di Israel, yang  disebut Area C Tepi Barat.

Area C, yang berada di bawah kendali penuh Israel, membentuk lebih dari 60 persen dari seluruh Tepi Barat yang diduduki. Delapan puluh delapan persen dari wilayah itu terletak di Lembah Jordan yang strategis, yang terdiri dari sepertiga Tepi Barat yang diduduki.

Pihak berwenang Israel sering menghancurkan bangunan dan struktur Palestina di daerah itu, dengan masyarakat Badui dan penggembala menjadi sangat rentan terhadap praktik itu.

Badan-badan internasional dan kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan pembongkaran Israel atas struktur Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur al-Quds adalah upaya untuk mencabut Palestina dari wilayah asalnya dan menyita lebih banyak tanah untuk perluasan permukiman ilegal.

Israel telah menduduki Tepi Barat, termasuk al-Quds Timur, sejak 1967. Sejak saat itu, Israel membangun pemukiman di seluruh negeri, dalam langkah yang dikutuk oleh PBB (PBB) dan dianggap ilegal menurut hukum internasional.

- Advertisement -