Pandeglang Diguncang Gempa 5 SR

14 views
Ilustrasi gempa
- Advertisement -

PANDEGLANG – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,2 SR mengguncang wilayah Pandeglang, Banten,  Kamis (14/2/2019) pukul 06.41 WIB.

Berdasarkan hasil pemutakhiran analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,07 LS dan 105,64 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 km arah selatan Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada kedalaman 56 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar Obliqe Turun (Oblique Normal Fault),” kata Rahmat, dikutip Republika.co.id.

Rahmat memerinci, berdasarkan informasi dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Malingping, Cijaku, Panggarangan, Bayah, Ciptagelar, dan  Wanasalam III MMI. Sementara daerah Pelabuhan Ratu dirasakan II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.

 

- Advertisement -