Parlemen Australia Izinkan Pengungsi Masuk untuk Pengobatan

3 views
Ilustrasi, Aktivis Green peace minta Australia pertahankan pencari suaka di Manus/ VOA
- Advertisement -

AUSTRALIA – Anggota parlemen Australia memutuskan dalam penmungutan suara untuk memberi kemudahan bagi para pengungsi sakit yang ditahan di lepas pantai untuk dirawat di negara itu.

Ini merupakan pertama kalinya dalam hampir 80 tahun pemerintah kalah suara atas peraturannya sendiri di majelis rendah parlemen.

RUU itu disahkan Selasa di DPR dengan satu suara lebih banyak, dan disetujui oleh majelis tinggi, Senat, pada hari Rabu (13/2/2019). Undang-undang ini akan memberi dokter kewenangan yang lebih besar mengenai pengungsi mana yang ditahan di lepas pantai yang bisa melakukan perjalanan ke Australia untuk mendapat perawatan medis.

Sejak 2013, Canberra telah menahan para pencari suaka yang tiba dengan perahu di kamp-kamp di republik kecil Nauru dan di Pulau Manus di Papua Nugini di Pasifik Selatan dan menegaskan mereka tidak akan pernah diizinkan untuk menetap di Australia.

Para dokter mengatakan, sebagaimana dilansir VOA, fasilitas medis di pulau-pulau itu tidak memadai bagi sekitar 1.000 pencari suaka dan pengungsi yang tinggal di sana.

 

- Advertisement -