Bencana Alam, Juga akibat Ulah Manusia

79 views
SIklon Wutip menyambangi Papua bagian Utara, sehingga warga diminta mewaspadai ngin kencang, banjir dan lonsgsor yang diakibatkannya
- Advertisement -

KINI giliran wilayah Papua bagian utara yang disambangi siklon tropis Wutip, diperkirakan berlangsung sampai Senin (25/2), diawali banjir yang merendam 170 rumah di Distrik Heram, Jayapura, Sabtu (23/2).

Kapala Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura, Petros Demon Sili dari Jayapura melaporkan, siklon Wutip yang berasal dari Samudera Pasifik menyebabkan menghangatnya suhu permukaan air laut di Papua bagian utara hsehingga mempercepat pertumbuhan awan, penyebab hujan.

Kondisi tersebut menyebabkan meningkatnya curah hujan di atas batas normal yakni 50 mm per hari, sedangkan keepatan angin bisa mencapai 50 sampai 60 Km per jam.
Untuk itu, warga diminta mewaspadai dampak badai berupa curah hujan dengan intensitas lebat dan angin berkecepatan 60 Km per jam.

Pengendara motor di kota Jayapura dan Papua bagian utara diminta berhati-hati terhadap kemungkinan tumbangnya pepohonan di kanan-kiri jalan akibat terpaan angin kencang, sementara warga perlu mengantisipasi ancaman banjir dan longsor.

Hujan lebat akibat siklon tropis Wutip penyebab banjir terjadi akibat intensitas hujan lebat 87,4 mm yang melanda distrik Abepura, Jayapura Utara, Jayapura Selatan dan Sentani, Sabtu, dipicu tingginya guyuran curah hujan sehari sebelumnya dari pukul 22.00 sampai 0.04 WIT.

Tercatat sekitar 1.800 orang penduduk Distrik Heram terdampak banjir dan longsor merusak ruas jalan di Distrik Jayapura Selatan.

Banjir dan longsor juga melanda Kota Jayapura 6 Januari lalu akibat hujan deras yang turun sepanjang delapan jam. Namun selain akibat faktor cuaca, bencana alam dipicu oleh penebangan hutan di Suaka Cagar Alam Cycloop yang menjadi daerah resapan air.

Selain akibat cuaca, bencana alam juga sering akibat ulah manusia . Entah sampai kapan manusia bisa disadarkan?

- Advertisement -