OKI Desak India dan Pakistan Segera Damai

24 views
Bendera negara-negara OKI/KBK
- Advertisement -

ABU DHABI – Organisasi Kerjasama Islam (OKI)  menyerukan India dan Pakistan untuk menahan diri dan menyelesaikan perbedaan mereka melalui cara-cara damai.

Berbicara pada sesi penutupan pertemuan tingkat menteri dua hari di Abu Dhabi, Sekretaris Jenderal Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen mengatakan OKI menyampaikan keprihatinan mendalam tentang pertumpahan darah peristiwa dan pelanggaran terhadap rakyat Jammu dan Kashmir.

“OKI menyerukan kepada India dan Pakistan untuk mengendalikan diri dan menyelesaikan perbedaan melalui cara-cara damai, sejalan dengan resolusi legitimasi internasional,” kata Al-Othaimeen.

Ketegangan antara dua tetangga bersenjata-nuklir meningkat setelah pemboman bunuh diri di Kashmir yang dikelola India pada pertengahan Februari yang menewaskan lebih dari 40 tentara India.

Serangan itu diklaim oleh Jaish-e-Mohammed (JeM), sebuah kelompok militan yang telah dilarang Pakistan sejak tahun 2002 tetapi dituduh oleh India menyediakan tempat perlindungan.

Pada hari Rabu, seorang pilot India ditahan di Pakistan setelah pesawatnya jatuh dalam pertempuran udara dengan jet Pakistan di sepanjang perbatasan yang disengketakan dengan Kashmir.

Beberapa kelompok Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintahan India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, ribuan orang dilaporkan tewas dalam konflik di wilayah tersebut sejak 1989.

- Advertisement -