Militer China Makin Perkasa

121 views
- Advertisement -

TIDAK hanya perekonomiannya yang bersaing dan terlibat perang dagang dengan Amerika Serikat, kekuatan militer China saat ini juga sudah membayang-bayangi negara adi daya itu.

Tekad China menjadi yang terkuat di dunia, tercermin dari laporan Institut Pnelitian dan Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), peningkatan 7,5 persen anggaran militer 2019 menjadi 177,5 milyar dollar AS atau sekitar Rp2.500 triliun.

Sebagai perbandingan, APBN Indonesia 2019 tercatat sekitar Rp2.460 triliun, sedangkan alokasi untuk anggaran belanja militer Rp106 triliun saja atau sekitar seperduapuluh empat anggaran militer China.

Dengan anggaran pertahanan sebesar itu China menempati peringkat kedua terbesar dalam belanja pertahanan di bawah AS sebesar 610 milyar dollar (sekitar Rp8.540 triliun).

Yang mengejutkan, Arab Saudi berada di posisi ke-3 dengan anggaran 69,4 milyar dollar (sekitar Rp971,6 triliun) menyalip posisi Rusia (66,3 milyar dollar atau sekitar Rp 928,2 triliun).

PM China Li Keqiang saat mengumumkan APBN China dalam sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional, di Beijing Selasa lalu (5/3) menyampaikan lagi tekad China untuk memperkuat angkatan perang.

“Kita akan merancang strategi perang menyongsong era baru, meningkatkan latihan untuk mengkondisikan agar pasukan siap tempur dan siap melindungi kedaulatan, keamanan dan kepentingan negara, “ ujarnya.

Dalam beberapa tahun ini China tampak memang berupaya memodernisasikan kekuatan militernya sehingga mencemaskan tidak saja seteru utamanya AS tetapi juga negara-negara sekawasan.

Militer Kelas Dunia
Tekad China untuk mengubah pasukan rakyat menjadi militer kelas dunia dan mengejar ketertinggalan teknologi dari AS dan negara-negara Eropah juga kerap dilontarkan oleh Presiden China Xi Jinping di berbagai kesempatan.

Sosok militer China juga membuat ketar-ketir sejumlah negara yang memiliki klaim di Laut China Selatan seperti Brunei, Filipina, Malaysia, Taiwan dan Vietnam, juga Jepang yang memiliki sengketa teritorial dengannya.

- Advertisement -