Murid-murid di Lombok ini Menabung agar Bisa Beli Laptop untuk UNBK

22 views
Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMART Ekeselensia. Foto:Ist
- Advertisement -

LOMBOK – Murid SMPN 1 Satu Atap (Satap) Desa Pulau Maringkik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, harus menyisihkan sebagian uang untuk ditabung agar bisa membeli laptop yang akan dipakai saat mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 2020.

“Murid-murid saya ajak menabung sedini mungkin, mulai dari murid kelas VII. Nanti kalau uangnya sudah cukup rencana untuk membeli perangkat komputer (laptop),” kata Kepala SDN 2/SMPN 1 Satap, Desa Pulau Maringkik, Abdul Kadir, di Pulau Maringkik, Jumat (15/3/2019).

Abdul mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Timur masih memberikan kelonggaran untuk melaksanakan ujian nasional menggunakan kertas dan pensil (UNKP) pada 2019.

Kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan belum ada perangkat komputer dan pendukung lainnya, seperti server yang harganya mencapai Rp12 juta. Hal yang sama juga berlaku bagi sekolah di daratan yang juga belum memiliki perangkat komputer dan server.

“Saya sempat berpikir mau melaksanakan UNBK tahun ini. Caranya dengan menggunakan laptop milik guru, sisanya urunan dari para orang tua murid. Tapi karena diberi kelonggaran sampai tahun depan, akhirnya tahun ini masih tetap ujian secara manual,” ujarnya.

Namun, sekolah yang belum melaksanakan UNBK pada 2019 tidak boleh lagi menggelar ujian secara manual pada 2020 karena sudah diberikan kesempatan selama satu tahun untuk mempersiapkan diri. “Insya Allah tahun depan kami jalan dengan laptop minimal 50 unit. Mudah-mudahan tahun depan terwujud,” ucap Abdul, dikutip Antara.

Abdul berkeyakinan bisa menyelenggarakan UNBK mulai tahun ajaran 2020. Pasalnya, murid-murid kelas VII dan kelas VIII, sudah menabung di sekolah.

Uang tabungan yang disetorkan oleh masing-masing murid bervariasi. Mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000 per hari. Uang tersebut disetorkan ke guru yang ditugaskan mengkoordinir tabungan murid.

- Advertisement -