Sekilas Keberadaan Salak Condet

84 views
- Advertisement -

JAKARTA – Saat ini orang-orang lebih mengenal Condet sebagai daerah yang banyak menjual parfum. Fakta ini menggambarkan bahwa salak Condet mulai terlupakan di benak masyarakat Ibu Kota.

Menurut Supriyadi, kuncen Cagar Buah Condet keberadaan hamparan pohon salak dan dukuh di Condet tak terlepas dari bentang alam Condet yang dahulu merupakan hutan. menurut Usup, panggilan akrab Supriyadi tanaman buah yang tumbuh di Cagar Buah Condet merupakan tanaman alami yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

“Dulu banyak perkebunan salak yang terbentang di seantero Condet. Sekarang kebunnya tinggal 3,5 hektar saja,” ungkap Usup.

Usup menambahkan dulu salak condet juga sempat dijadikan sajian di Istana dan menjadi uah favorit para pejabat di lingkungan Pemda DKI. Alasannya tambah Usup salak condet sangat istimewa karena memiliki cita rasa yang sangat manis, legit, empuk dan tidak masir.

“Alm Pak Ali Sadikin (mantan Gubernur DKI Jakarta) saat itu suka mampir sesukanya buat makan pakai ikan asin, sambel pucung di sini,” Kata Usup.

Kini di tengah gempuran hutan beton Jakarta, keberadaan salak condet bak dilupakan oleh sebagian penduduk Ibu Kota.

- Advertisement -