Selatan Bali Lebih Beresiko Diguncang Gempa Megathrust Dibanding Lombok

31 views
Ilustrasi gempa
- Advertisement -

JAKARTA – Peneliti Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Danny Hilman mengatakan resiko ancaman gempa megathrust di Selatan Bali harus diwaspadai.

Diketahui gempa megathrust adalah gempa akibat gesekan pada zona tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Ini adalah salah satu jenis gempa yang paling kuat di dunia dan kerap menimbulkan tsunami.

“Kalau dari segi resiko, yang perlu dikhawatirkan adalah Selatannya Bali, bukan Lombok. Karena ancaman gempa megathrust itu cukup lama tidak terjadi. Kita bilang sebagai seismik jadi megathrust dimulai dari Bali, Lombok kemudian timurnya lagi ada Sumbawa,” jelasnya.

Ditambahkannya, resiko gempa magathurst ini makin tinggi di wilayah tersebut karena cukup lama tidak terjadi gempa disana. Meski daerah selatan Bali lebih rawan, namun ia juga mengingatkan kepada warga di utara pulau Bali dan Sumbawa untuk lebih waspada.

“Semua wilayah itu seragam tapi kan dari segi infrastruktur dan populasinya kan di Bali, ada pantai Kuta dan macam-macam pariwisata. Jadi itu yang paling berisiko,” tandasnya, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (21/3/2019).

- Advertisement -