Masih Tertimbun Lumpur, Masjid Baabussalam di Sentani Belum Dapat Digunakan

38 views
Lumpur masih menimbun sekitar 30 cm di Masjid Baabussalam Sentani/ Republika.co.id
- Advertisement -

SENTANI – Banjir bandang membuat Masjid Baabussalam di Kelurahan Hinekombe, Sentani, Jayapura, hingga kini belum dapat digunakan akibat tertimbun pasir yang cukup tinggi.

Salah seorang marbot masjid Baabussalam, Riski menuturkan, masjid sempat dibersihkan pada Ahad (17/3/2019) pagi agar bisa digunakan kembali. Namun, masjid tertimbun kembali dengan kondisi yang lebih parah pada malam harinya.

Riski menceritakan, pada awalnya, pasca-banjir bandang itu banyak warga yang ingin mengungsi ke masjid karena rumah mereka tertimbun pasir. Tetapi ternyata masjid tersebut juga terimbas banjir bandang, bahkan tergolong parah.

Riski bingung harus membersihkan masjid itu dengan apa. Sementara warga lainnya masih sibuk bersih-bersih rumahnya. Apalagi ketinggian timbunan cukup signifikan sehingga menurutnya perlu beramai-ramai untuk memulihkan masjid atau dengan alat berat.

Dipantau Republika.co.id, tak hanya bagian halaman masjid yang tertimbun pasir setinggi sekira setengah meter, tetapi juga termasuk bagian dalamnya. Ruang shalat masjid tertimbun sekitar 30 sentimeter. Mimbar tempat berkhutbah pun tertimbun. Kaca jendela masjid pecah, dan masih ada dedaunan yang tersangkut di tralis jendela.

 

- Advertisement -