Indonesia Serukan Komunitas Internasional Hentikan Perampasan Hak Palestina

25 views
Demo dukung Palestina di Jakarta, (8/12/2017). Protes pernyataan Trump pindahkan Ibukota Israel ke Yerusalem. Foto:Jun Aditya
- Advertisement -

NEW YORK – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan jika Indonesia akan terus bersama Palestina,  pada UN Forum on Palestine, di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat (AS).

Menlu Retno mengatakan perampasan atau aneksasi atas wilayah Palestina sedang berlangsung secara perlahan dan tidak manusiawi, dan menurutnya semua negara harus menentang hal ini.

Selain penghancuran rumah dan pengusiran penduduk Palestina, Israel melakukan berbagai tekanan politik, ekonomi dan sosial terhadap Palestina, termasuk menyita penerimaan pajak Palestina, yang merupakan porsi besar dari pendapatan Palestina.

Retno kemudian menekankan kembali bahwa Palestina adalah prioritas Indonesia. Tahun ini Indonesia telah meningkatkan bantuan untuk lembaga pengungsi PBB (UNRWA) serta meluncurkan program peningkatan kapasitas untuk rakyat Palestina. Indonesia juga akan menyelenggarakan pertemuan khusus tentang Palestina saat Presidensi di DK PBB bulan Mei 2019.

Retno juga menyerukan agar komunitas internasional meneruskan bantuan kemanusiaan yang selama ini menopang kehidupan masyarakat Palestina.

“Saat ini, Palestina dan kekuatan penjajah tidak berada pada posisi yang sama. Merupakan tanggungjawab komunitas internasional untuk mengangkat posisi Palestina dan melindungi hak-hak rakyat Palestina,” ujar Retno, dalam keterangan resminya, Jumat (5/4/2019).

- Advertisement -