Suriah Klaim Punya Hak Ambil Alih Kendali Golan dari Israel

150 views
Ilustrasi Tentara Israel berjaga di perbatasan Suriah. Foto: Reuters
- Advertisement -

DAMASKUS – Seorang pejabat Suriah mengatakan Damaskus memiliki hak untuk membangun kembali kendali atas Dataran Tinggi Golan, yang telah diduduki rezim Israel selama lebih dari setengah abad.

“Dataran Tinggi Golan adalah bagian integral dari wilayah Suriah. Kami memiliki hak untuk mengembalikan tanah ini kapan saja dan dengan cara apa pun, yang kami anggap perlu. Menurut pendapat saya, satu-satunya bahasa, yang dipahami Israel adalah bahasa kekuatan dan perlawanan, ” ujar direktur Departemen Tinggi Golan di pemerintah Suriah, Midhat Saleh, mengatakan kepada kantor berita Sputnik Rusia, Kamis (11/4/2019).

Damaskus memberikan peringatan keras kepada Tel Aviv atas pendudukannya di Dataran Tinggi Golan, mengatakan semua opsi ada di meja untuk membebaskan wilayah strategis.
Saleh kemudian berharap bahwa komunitas internasional akan menghasilkan mekanisme yang efektif untuk mengakhiri pendudukan Israel di Dataran Tinggi Golan.

“Kami sekarang berperang dengan Israel, dan kami memiliki hak karena Israel tidak mengakui resolusi internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB, dan Amerika Serikat mendukung Israel dalam kasus ini.”

“Kami memiliki hak untuk mengembalikan Dataran Tinggi Golan dengan cara yang paling sesuai bagi kami, baik melalui perang atau perlawanan rakyat. Ini adalah hak kami dijamin oleh resolusi internasional, ”katanya.

Saleh lebih lanjut mencatat bahwa semua keputusan dan resolusi di Dataran Tinggi Golan yang diduduki belum dilaksanakan selama lebih dari 50 tahun, dan hanya tetap di atas kertas.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa lebih dari setengah juta orang telah mengungsi dari rumah asli mereka di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel dan sekarang tinggal di bagian lain Suriah, sementara hanya 26.000 warga Suriah masih tinggal di wilayah tersebut.

- Advertisement -