Tanah Gerak Landa 40 Rumah di Sukabumi

17 views
Ilustrasi pergerakan tanah/ Antara
- Advertisement -

SUKABUMI – Bencana tanah gerak melanda sekitar 40 unit rumah di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir.

“Data sementara ada 40 unit rumah yang terdampak atau terancam,” ujar Kepala Desa Kertaangsana, Agus Sudrajat, Ahad (21/4/2019), dilansir Republika.co.id.

Lokasi rumah yang terancam pergerakan tanah ini berada di Jalan Raya Sukabumi – Sagaranten, kilometer 24. Rumah yang terdampak ungkap Agus, rata-rata mengalami retak di bagian lantai dan dinding. Bencana ini juga menyebabkan akses ruas jalan provinsi mengalami retakan.

Pergerakan tanah ini juga berdampak pada lahan pesawahan warga yang lokasinya berada di samping permukiman warga. Lebar retakan tanah bervariasi mulai dari lebar 20 sampai 50 centimeter.

Pemerintah Desa Kertaangsana bersama relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Nyalindung kata Agus telah melakukan penanganan. Terutama dengan mencari tahu penyebab pasti dari pergerakan tanah dan mengantisipasi adanya bencana susulan.

Agus menuturkan, pemerintah desa juga telah melakukan musyawarah dengan warga desa. Misalnya akan memasang pipa untuk mendistribusikan air ke lahan pesawahan warga.

Saat ini sambung Agus, warga masih tinggal di rumahnya masing-masing. Sebabnya upaya relokasi masih menunggu arahan dari BPBD.

 

- Advertisement -