Longsor di Wilayah Tambang Giok Myanmar, 54 Tertimbun

10 views
Wilayah terdampak longsor di pertambangan giok di Myanmar/ AFP
- Advertisement -

MYANMAR – Sebanyak 54 penambang batu giok diduga meninggal setelah mereka terkubur lumpur longsor melanda negara bagian Kachin di Myanmar utara.

Polisi mengatakan tanah longsor di negara bagian Kachin begitu besar sehingga menciptakan danau lumpur yang menelan tempat tinggal para pekerja bersama dengan sekitar 40 kendaraan.

Tanah longsor yang disebabkan oleh penambangan batu giok, sebuah industri dengan sedikit peraturan, membunuh puluhan orang di Myanmar setiap tahun.

Seorang pejabat setempat mengatakan sangat sulit untuk mengevakuasi jenazah dan hanya tiga yang ditemukan.

“Mereka tidak akan selamat,” kata Tin Soe, anggota parlemen setempat. “Itu tidak mungkin karena mereka terkubur di bawah lumpur.”

Kementerian informasi mengidentifikasi perusahaan yang terlibat dalam kecelakaan itu sebagai Shwe Nagar Koe Kaung dan Myanmar Thura Gems.

Tidak ada yang berkomentar, meskipun direktur Myanmar Thura Gems, Hla Soe Oo, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia sedang dalam perjalanan ke situs tersebut.

Selain batu giok, Myanmar memiliki kekayaan sumber daya alam termasuk kayu, emas, dan kuning, yang semuanya membantu membiayai kedua sisi perang saudara antara pemberontak etnis Kachin dan militer.

- Advertisement -