Awas! Parasit Baru Malaria

11 views
Parasit baru penyebab malaria, plasmodium knowlesi ditemukan di sejumlah kasus di wilayah Indonesia. Waspada!
- Advertisement -

TIDAK hanya kendaraan atau mobil saja yang berganti model, parasit baru malaria plasmodium knowlesi (PK) ditemukan menulari penduduk di sejumlah wilayah di Indonesia dan lebih berbahaya dari parasit lainnya.

Parasit PK yang sebelumnya hanya menulari monyet dan berpotensi mengakibatkan potensi kematian lebih tinggi itu  tercatat sudah menjangkiti penduduk di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, kasus-kasus inveksi akibat parasit PK sudah terdeteksi keberadaannya di wilayah Asia Tenggara, khususnya di wilayah Sabah dan Serawak, Malaysia sejak 2014.

Sementara menurut catatan kementerian kesehatan RI, pada tahun yang sama juga tercatat 13 kasus malaria PK yang penularannya terjadi secara lokal di wilayah Kaltim dan Sumut, dan pada tahun berikutnya (2015) tercatat 377 kasus termasuk di Aceh dan Sumut.

Sebelum kasus-kasus PK ditemukan, inveksi malaria pada manusia disebabkan oleh parasit plasmodium: falciparum, vivax, malariae dan ovale.

Gejala klinis malaria akibat PK yang menonjol yakni terjadinya pendarahan saluran pencernaan (gastrointestinal) dan kekurangan trombosit (trombositopenia), masa inkubasi sebelas hari diawali demam menggigil empat sampai lima hari, nyeri otot dan sendi serta gangguan pernafasan dan organ pencernaan.

Lebih dari itu, peningkatan jumlah parasit dalam darah terjadi lebih cepat dengan siklus 24 jam sehingga bisa berakibat fatal bagi jiwa penderitanya.

Sementara itu Direktur Pngendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengemukakan,  sejauh ini malaria PK  tidak termasuk human parasit karena belum ada bukti kuat terjadinya penularan antarmanusia.

Waspada! Tindakan mitigasi guna mengantisipasi penyebaran plasmodium knowlesi perlu segera dilakukan (Kompas/ns)

 

 

 

 

 

- Advertisement -