Cianjur, Garut dan Sukabumi Jadi Wilayah Paling Sering Dilanda Bencana

232 views
Longsor di Cisolok, Sukabumi/ Tribun
- Advertisement -

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan tiga kabupaten yaitu Cianjur, Garut dan Sukabumi menjadi wilayah yang sering mengalami bencana di Indonesia.

Menurutnya, tiga kabupaten tersebut berada dalam kondisi kecuraman dan kerawanan bencana sehingga Pemprov memberikan perhatian yang lebih kepada tiga kabupaten tersebut.

Sejak 2013 hingga 2018, jumlah bencana di Jawa Barat mencapai 6000 laporan kebencanaan. Dengan estimasi pertahun mencapai 1000 lebih bencana dan perhari tiga laporan bencana.

“Sekarang modal ponsel bisa mengedukasi masyarakat. Kita geser keriuhan masyarakat ulah (jangan) pilpres wae (aja). Fokus masa depan. Jadi kita harus paling siap dan tangguh menghadapi kebencanaan,” katanya.

Di Jawa Barat, dirinya menambahkan karakteristik alam dari wilayah tengah ke Utara relatif datar. Sehingga bencana yang ada seperti banjir. Kemudian dari tengah ke Selatan Jabar terdiri dari bukit yang curam. Sehingga bencana kebanyakan longsor.

“Kita siapkan cetak biru bencana, mudah- mudahan 2019 selesai. Kita memuat ketangguhan bencana dan kurikulum. Anak di Jabar wajib mengikuti,” ungkapnya, dilansir Republika.co.id.

- Advertisement -