Kemah Relawan Dompet Dhuafa Lahirkan Komunitas Ayo Tolong

19 views
- Advertisement -

SITUBONDO – Berlangsungnya Kemah Relawan Dompet Dhuafa 2019, berhasil mengumpulkan 200 relawan kebencanaan lintas daerah di Indonesia dan menelurkan satu komunitas relawan nasional bernama Komunitas Ayo Tolong.

Komunitas tersebut merupakan wadah bagi para relawan bencana di Indonesia yang akan memberdayakan relawan lokal di setiap terjadi bencana di wilayah terkait

“Masalah yang kita hadapi, banyak yang ketika adanya bencana dan ingin intervensi bantuan. Akan tetapi kita tidak tahu kondisi lapangan, bahasa dan budaya lokal, alur birokasi di wilayah bencana. Sehingga intervensi bantuan terkadang terlambat tersalurkan,” terang Benny, Direktur Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Dengan adanya komunitas Ayo Tolong yang terdiri dari relawan lokal dari berbagai daerah, akan mempermudah dalam penyaluran bantuan di wilayah terdampak bencana. Dengan kordinasi yang baik antara di wilayah dan DMC, maka akan ada transfer informasi yang cepat. Sehingga intervensi yang kita lakukan akan lebih efektif dan efisien.

Bukan hanya dalam hal pasca bencana, komunitas Ayo Tolong juga menjadi agen kebaikan di wilayah masing-masing. Ketika adanya musibah baik dalam lingkup kecil maupun besar, para relawan dari Komunitas Ayo Tolong akan menjadi pihak pertama yang bisa tanggap membantu.

“Dengan Komunitas Ayo Tolong, para relawan diharapkan bisa menjadi pihak pertama yang menolong korban dari bencana tersebut,” jelasnya, dilaporkan Zul.

- Advertisement -