Dompet Dhuafa Kirim Dai Asal Riau ke Selandia Baru dan Korea Selatan

59 views
Ustadz Kopri Nurzen, Lc., MA. (kiri) dikirim ke Selandia Baru Dan Ustadz Hasbullah, Lc., MA. dikirim ke Korea Selatan menjadi Dai Ambassador Dompet Dhuafa, Ramadhan 1440 H. Foto: DD
- Advertisement -

PEKANBARUDompet Dhuafa melalui Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa) kembali mengirim Dai Ambassador menjadi duta dakwah ke 16 negara.  Melibatkan 29 Dai, dua diantaranya dari Riau, yaitu; Ustadz Kopri Nurzen, Lc., MA. dikirim ke Selandia Baru Dan Ustadz Hasbullah, Lc., MA. dikirim ke Korea Selatan.

“Keduanya adalah alumni Al-Azhar Kairo Mesir dan bergabung dengan Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) Riau yang aktif berdakwah sampai ke pedalaman Riau,” ungkap Pincab Dompet Dhuafa Riau Ali Bastoni, kepada KBK (7/5/2019).

Bahkan keduanya, lanjut Ali, ikut terlibat dalam program Psichology First Aid (PFA) Dompet Dhuafa untuk melakukan trauma healing untuk masyarakat Palu, Sigi dan Donggala pasca musibah bencana alam tahun lalu.

Ali juga mengisahkan,  tahun-tahun sebelumnya Cordofa Riau juga mengirim utusannya sebagai Dai Ambassador Dompet Dhuafa ke luar negeri.

Pertama, Tahun 2015 Ustadz Khairul Umam, Lc., MA. dikirim ke Selandia Baru. Tahun 2016 Ustadz Alnof Dinar, Lc. dikirim ke Jepang.

Kedua, Tahun 2017 Ustadz Alnof Dinar, Lc. dikirim ke Korea Selatan dan Ustadz Hasbullah dikirim ke KBRI Yangon, Myanmar.

Ketiga, Tahun 2018 Ustadz Alnof Dinar, Lc. dikirim ke Korea Selatan, Ustadz Ahmad Mukhlisin, Lc., MA. dikirim ke KBRI Tiongkok dan Ustadz Doni Putra, Lc. M.Hum. dikirim ke KBRI Bangkok.

Dikatakan Ali, Dompet Dhuafa selama ini dikenal oleh masyarakat sebagai lembaga Filantropi dan Lembaga Kemanusiaan. Sejatinya Dompet Dhuafa juga lembaga Dakwah yang memberikan kontribusi dengan konsep dakwah transformatif.

Konsep ini, dakwah tidak hanya bicara agama tapi juga membantu menyelasaikan problem kehidupan masyarakat secara menyeluruh; pendidikan, ekonomi, agama, kesehatan dan sosial budaya.

“Kehadiran Rumah Sakit Lancang Kuning Dompet Dhuafa, Masjid Al-Mukhlisin Pebidayan, Mushalla Cordofa Dusun Lemang, Kampung Ternak Dayun, Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Sekolah Smart Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa, Masjid Al-Madinah Zona Madina, dan juga rumah-rumah pemberdayaan warga di sekitar zona Madina di Parung, Bogor, Jawa Barat adalah bentuk nyata dari dakwah ‘bil hal’ yang dipersembahkan kepada ummat, khususnya kaum dhuafa,” jelas Ali.

- Advertisement -