Dompet Dhuafa dan OVO Inisiasi Program Air Bersih dan Pendidikan di Palu

30 views
- Advertisement -

PALU – Dompet Dhuafa bersama OVO menginisiasi hadirnya progam air bersih dan pengembangan pendidikan di Palu dan sekitarnya pada awal bulan lalu.

Dua progam tersebut adalah Water for Life: Pemanen Air Hujan (PAH) dan Progam Pendampingan Pendidikan Palu.

Melalui PAH, ketika hujan datang,  maka alat PAH akan mengumpulkan air untuk setelahnya disaring dengan lima tahap filterisasi. Namun ketika tidak ada hujan, warga juga dapat menggunakan air gunung untuk disaring, sehingga wilayah seperti Desa Rogo, di Kabaupaten Sigi, kini tidak lagi harus mengkonsumsi air keruh.

“Memang air kita itu keruh, Alhamdulillah dibantu oleh Dompet Dhuafa, air kita jadi lebih jernih. Kini sudah bisa kita masak,” terang Ahmad, ketua Dusun Tiga, Desa Rogo, Kabupaten Sigi.

Sementara progam Pendampingan Pendidikan Palu yakni dilakukannya pembangunan beberapa kelas sementara dan juga sekolah permanen di Palu. Selain itu, Dompet Dhuafa juga menempatkan 19 guru relawan di 18 sekolah di berbagai wilayah di Palu, Sigi, dan Donggala.

“Kami di sini menghadirkan PAH dan juga Pendampingan pendidikan di Palu pasca gempa. Dua sektor yang paling krusial tentu harus segera diatasi. Diharapakan dengan hadirnya dua progam tersebut, dapat menggerakkan warga Palu dan sekitarnya untuk lebih cepat kembali bangkit,” terang Citrawan Kisman Djiho, selaku Ketua Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah, dilaporkan Zul.

Selain itu Sinta Setyaningsih, Head of PR OVO menyampaikan dukungannya kepada warga penyintas gempa Palu. Dengan progam PAH dan pendampingan pendidikan tersebut diharapkan dapat menggulirkan lagi kehidupan masyarakat Palu dan sekitarnya pasca gempa terjadi.

 

- Advertisement -