AS dan Iran Diambang Perang?

4.299 views
Satuan elite baret hijau Iran dari Brigade ke-65 NOHED sedang berlatih. Hubungan AS dan Iran memanas kembali dengan retorika saling ancam.
- Advertisement -

PERSETERUAN antara Amerika Serikat dan Iran bagaikan tak berujung, bahkan dalam beberapa hari ini semakin memanas, walau masih sebatas saling ancam dan perang kata.

Eskalasi permusuhan sebenarnya mulai muncul lagi pasca penarikan diri  AS dari kesepakatan nuklir Iran yang ditandatangani bersama dengan  China, Jerman, Inggeris, Perancis dan Rusia pada 8 Mei, 2018  atau tepatnya setahun lalu.

Kesepakatan itu mengikat Iran untuk menghentikan program nuklirnya dan sebagai imbalannya, keenam negara penandatanganan kesepakatan itu mencabut sanksi embargo terhadap Iran dan bisa berinvestasi termasuk di sektor migas dan perbankan di Iran.

Tidak hanya menarik diri, AS mengenakan lagi sanksi larangan ekspor minyak yang menjadi sumber utama (64 persen) penghasil devisa bagi Iran, bahkan juga mencabut dispensasi bagi delapan negara pengimpor minyak Iran.

Lebih jauh lagi Presiden AS Donald Trump menetapkan Garda Revolusi  yang merupakan tulang punggung kekuatan militer Iran sebagai teroris, sebaliknya, Iran mencap seluruh pasukan AS yang ditempatkan di luar negeri sebagai teroris.

Selanjutnya, dengan dalih untuk melindungi keselamatan pasukannya yang ditempatkan di sejumlah negara di Timur Tengah, AS pun mengirimkan gugus tugas armadanya dipimpin kapal induk USS Abraham Lincoln ke Teluk Persia (5/8).

Sebaliknya, Iran mengultimatum kelima negara penandatanganankesepakatan nuklir untuk melindungi negaranya dari sanksi ekonomi  AS, jika tidak, akan melanjutkan kembali program pengayaan uranium yang bisa dijadikan bahan baku senjata nuklir.

Perimbangan  Militer 

Situs global fire power mencatat,  Iran berada pada peringkat ke-21 kekuatan militer dunia dengan  534.000 personil tetap dan  400.000 cadangan, sedang  AD-nya memiliki sekitar 1.600 tank ex-Uni Soviet yang relatif lawas atau dimodifikasi di dalam negeri.

- Advertisement -