Dana Bantuan untuk Korban Gempa Palu Dipastikan Cair Sebelum Lebaran

25 views
Lebih 1.200 korban tewas dan sekitar 660.000 bangunan luluh-lantak diterjang gempa disusul tsunami di Palu dan Donggala (28/9). Tindakan mitigasi untuk mengurangi risiko korban jiwa dan harta benda mutlak dilakukan.
- Advertisement -

JAKARTA – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dana bantuan jaminan hidup untuk korban gempa Sulawesi Tengah akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Surat untuk jaminan hidup baru kami terima 25 April dari Pemda. Jadi sekarang kami kejar, kami kebut untuk melakukan proses validasi. Insyaallah sebelum Lebaran bisa kami salurkan,” kata Agus di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Data penerima bantuan jaminan hidup, yang telah diverifikasi oleh Pemprov Sulteng, akan divalidasi lagi oleh Kementerian Sosial sebelum dana bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat.

Hingga Maret 2019, penerima santunan duka atau jaminan hidup sebesar Rp15 juta telah diverifikasi sebanyak 1.906 dari 4.000-an ahli waris korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi. Santunan tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial.

Sementara itu, dana stimulan untuk perbaikan rumah rusak akibat gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Sulteng telah dicairkan pemerintah pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng.

 

- Advertisement -