Jadi Anak Panti Asuhan Tak Halangi Nurnajimah Raih Nilai UNBK 100

50 views
Ilustrasi Para pelajar SMA Negeri 3 Kota Palu tengah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (1/4/2019)/ BBC Indonesia
- Advertisement -

BANTUL –  Nurnajimah, siswi SMK Negeri 1 Sewon, Bantul Yogyakarta, memiliki kegigihan dalam mengejar prestasi meski dia tinggal di panti asuhan dengan segala keterbatasan.

Buktinya, Nur meraih nilai sempurna mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

“Alhamdulillah saya mendapatkan nilai 100 di Bahasa Indonesia, karena saya lebih menguasi mapel itu dibanding mapel lainnya,” kata Nur.

Diakui Nurnajimah, dia tak seperti teman-temannya, yang memiliki banyak waktu, akses, dan sarana belajar yang lebih memadai. Ia harus bisa membagi-bagi waktu di tengah padatnya kegiatan di panti.

“Kendalanya ada bentrokan gitu, untuk sekolah dan di panti. Karena panti juga ada kegiatan sendiri, semisal donatur yang minta doa, dan itu kita harus menyanggupi waktunya kapan saja walau tengah malam,” terang Nur, dikutip Medcom, Rabu (15/5/2019).

Sebelum UNBK ia sama sekali tak pernah mengikuti les atau bimbingan belajar. Ia sadar di tengah keterbatasan itu, menyiasati dengan belajar sendiri menggunakan soal-soal UN sebelumnya.

Ia juga kerap mempelajari soal-soal bebentuk HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau soal yang membutuhkan penalaran tinggi. Dari soal-soal itu ia yakin, tak jauh berbeda dengan soal yang akan keluar di UNBK.

“Saya pinjam buku HOTS dari sekolah, terus juga ada yang dari kakak kelas, saya juga punya buku yang saya pelajari tahun ini, sehingga saya banyak mempelajari macam soal HOTS. Ini yang saya pelajari terus,” papar Nur sapaan akrabnya.

Dengan prestasinya, Nur bercita-cita ingin menjadi seorang guru. Untuk itu ia mendaftar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun nasib baik belum jatuh pada Nur, ia belum dapat lolos di jalur undangan tersebut.

- Advertisement -