GORAWANGSA GANDRUNG

76 views
Dewi Maerah terkaget-kaget, yang dikira suami ternyata Prabu Gorawangsa.
- Advertisement -

JIKA ada raja dunia perwayangan terkena hukum karma, salah satunya adalah Prabu Basudewa dari Mandura. Dia suka mengganggu bini orang, akhirnya salah satu istrinya yang bernama Dewi Maerah, juga gantian didhemeni (diselingkuhi) wayang lain, raja raksasa dari negeri Sengkapura. Tapi sesungguhnya Dewi Maerah berbuat mesum tidak sadar, karena yang ada di depan matanya adalah asli Prabu Basudewa. Padahal dia adalah penjelmaan Prabu Gorawangsa, yang selama ini begitu gandrung akan kecantikan Dewi Maerah. Ketika Dewi Maerah sadar apa yang telah terjadi, skor sudah kadung 2-0.

Adalah Demang Antyagopa, PNS di bagian Kesra kerajaan Mandura. Usianya sudah oversek (over seket = lebih dari 50 tahun), tapi punya istri berusia 25 tahun, Emban Sagopi pegawai istana. Bayangkan 50 versus 25, dalam urusan ranjang ya tekor terus! Si emban masih siap sampai ronde ke-10, tapi Demang Antyagopa baru ronde ke-3 sudah KO.

“Ayo bang, masih ada 7 ronde lagi. Kalau perlu pakai partai tambahan,” rengek emban Sagopi.

“Nyerah dah! Maklum, aku sudah tidak lagi rosa-rosa macam Mbah Marijan.” Jawab demang Antyagopa dengan napas tersengal-sengal.

Gara-gara ini, emban Sagopi jadi sering kesepian. Kesepian di tempat ramai. Rupanya Prabu Basudewa yang kala itu baru berusia 35 tahun, menangkap gerak-gerik misteris pegawai istananya. Dasar dia lelaki mata keranjang, kenapa tak dimanfaatkan saja? Bukankah raja harus selalu mencukupi kebutuhan kawula-nya? Motto “paring sandang marang kang kewudan” apa salahnya dibalik jadi: tarik sandangane ben kewudan (tari bajunya sampai telanjang).

Bagi emban Sagopi yang memang kesepian, dilirak-lirik Prabu Basudewa justru merupakan keberuntungan. Ini kan ibaratnya orang ngantuk disorong bantal. Lagi pula merupakan kebanggaan tersendiri bagi kawula kerajaan, jika menerima “bibit unggul” dari lingkaran istana. Dikencani para pangeran saja senang sekali, apa lagi ini rajanya langsung.

- Advertisement -