Tips Merawat Kamera agar Tahan Lama

41 views
- Advertisement -

Kamera kini menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Untuk menangkap momen-momen penting, atau sekedar berbagi info lewat social media, terlebih lagi bagi mereka yang menggeluti profesi sebagai fotografer ataupun vlogger.

Harga kamera yang relatif tidak murah mengharuskan kita untuk merawatnya dengan ekstra. Karena kamera memiliki komponen-komponen sensitif yang rentan rusak jika ceroboh dalam pemakaiannya.

Berikut beberapa cara dalam merawat kamera kesayangan yang dapat Anda lakukan dirumah untuk memperpanjang usia kamera agar tetap awet.

1. Gunakan pelindung layar pada LCD kamera

Sumber : https://www.bukalapak.com/p/kamera/aksesoris-kamera/screen-protector/1j9317-jual-screen-guard-lcd-protection-for-canon-camera-550d-600d-60d-7d-series-pelindung-layar-kamera

Screenguard atau pelindung layar ini berfungsi agar layar LCD tidak tergores atau terkena sidik jari. Perlindungan ini juga berfungsi agar LCD terlindung dari debu dan air.

2. Bersihkan lensa secara berkala
Sumber : https://hello-pet.com/cara-membersihkan-lensa-2042006/amp?usqp=mq331AQCKAE%3D

Selain melindungi layar LCD dengan screenguard, Anda juga harus membersihkan lensa kamera secara berkala. Jamur yang terbentuk di dalam lensa kamera dapat mengurangi ketajaman hasil gambar. Oleh karena itu bersihkan lensa kamera menggunakan blower untuk menghilangkan debu yang menempel di permukaan lensa. Setelahnya, lap lensa menggunakan kain micro fiber hingga bersih.

3. Hindari kontak langsung kamera dengan air dan matahari
Sumber : https://www.superadventure.co.id/news/3794/jangan-panik-dulu-kalau-kamera-kena-air/

Air bisa membuat komponen-komponen didalam kamera lembab dan berpotensi merusaknya. Begitupun dengan sinar matahari, kontak langsung dengan sinar matahari dapat merusak elemen dalam lensa kamera.

4. Gunakan tas khusus kamera
Sumber : https://id.dropjual.co/harga-terbaru-tas-kamera-dslr-tas-kamera-mirrorless-tas-kamera-canon-tas-kamera-dslr-canon-tas-kamera-ransel-tas-kamera-sony-tas-kamera-nikon-tas-kamera-eiger-tas-kamera-slr-camera-dslr-backpack-for-d7100-small-compact-with-pocket-spesifikasi-lengkap/

Gunakanlah tas kamera yang dilapisi dengan bantalan untuk menahan berbagai komponen kamera dari benturan. Pilihlah tas kamera yang bersekat untuk memisahkan berbagai komponen kamera seperti body kamera dengan lensa dan komponen lainnya. Akan lebih baik lagi jika material tas tahan terhadap air untuk perlindungan ektra kamera Anda.

- Advertisement -