Susahnya Puasa Medsos

51 views
Ngabuburit di halaman mesjid raya, sambil main HP. Hati-hati jangan sampai ghibah.
- Advertisement -

PUASA Romadon ternyata lebih mudah ketimbang puasa medsos. Menjalankan rukun Islam ke-3 selama sebulan penuh, orang mampu melakukan tanpa mokah (batalkan puasa). Tapi puasa medsos, sehari saja rasanya gatel jika jari jemari tidak berselancar di dunia maya. Padahal katanya untuk “ngabuburit”, dalam kenyataannya malah ghibah ke sana kemari yang pada akhirnya terjebak jadi provokator. Buktinya kini banyak shoimin-shoimat warganet malah jadi urusan polisi gara-gara jari-jemarinya yang iseng.

Orang dulu ngabuburit atau menunggu bedug magrib di bulan Romadon, cukup dengan jalan-jalan, atau dengarkan radio dan  nonton TV, di mana banyak sekali kemasan siaran nuansa Islami. Diiringi dengan hiasan musik padang pasir, rasanya menjadi indah sekali. Bayangan kolak dan es buah yang melambai-lambai dalam benak, mendadak hilang. Tahu-tahu terdengar bedug magrib dan disusul doa: allohuma lakasumtu…..

Tapi Romadon di jaman now, lain sekali. Yang nonton TV dan dengarkan radio masih ada, tapi kalangan orangtua. Generasi muda banyak yang ngabuburit dengan HP smartpone-nya. Mojok di sebuah ruangan, lalu tangannya sibuk menaik-menurunkan layar sentuh dalam HP-nya. Kadang layar HP dijereng-jereng macam bikin martabak telur saja. Setelah itu si pemilik HP senyum-senyum sendiri, seperti orang kenthir.

Dulu HP hanya bisa untuk telpon dan SMS. Sekarang masya Allah, HP bisa kirim dan terima gambar, video lengkap dengan suaranya. Bahkan internet sekarang sudah masuk ke HP, sehingga orang main video call dengan mudah. Untuk penunjuk jalan juga bisa, namanya GPS  (global positioning system). Namun demikian itu semua kalah canggih dengan HP-nya Cak Nun (MH Ainun Nadjib), kalau tidak salah merknya: Nokia Kolopaking!

Dengan HP canggih sekarang tantangan orang berpuasa menjadi lebih berat. Mampu tidak untuk puasa medsos, 30 hari tanpa berselancar di jagad maya? Susah, katanya. Soalnya setan yang dibelenggu di bulan Romadon, yang namanya setan gundul masih juga bisa menggoda jari-jari para shoimin-shoimat pemegang HP smartpone. Baca postingan menyentuh dinding keyakinannya, bangkitlah emosinya. Lalu, ikutlah berkomentar bla, bla, bla…… yang berbau SARA.

- Advertisement -