Forum Zakat Nasional Sesalkan Sikap Represif Aparat pada Tim Kemanusiaan

15 views
- Advertisement -

JAKARTA – Seperti sudah dikabarkan sebelumnya, aparat telah bersikap represif kepada Tim Medis dan Tim Kemanusiaan dari salah satu Tim Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa yang merupakan Anggota Forum Zakat Nasional (FOZ Nasional), bagian dari 121 LAZ yang tergabung dalam forum ini.

Menyikapi hal ini, FOZ sangat menyesalkan tindakkan represif itu: “Sangat disayangkan upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga anggota Forum Zakat harus mengalami tindakan represif yang dilakukan oleh oknum aparat. Salah satu yang mengalami tindakan pemeriksaan berlebihan adalah lembaga kemanusiaan sekaligus lembaga zakat Dompet Dhuafa,” ungkap Presiden FOZ, Bambang Suherman.

Berikut Pernyataan Sikap FOZ :

TENTANG TINDAKAN REPRESIF OKNUM APARAT KEAMANAN TERHADAP TIM MEDIS PADA UNJUK RASA KAMIS (23/5) DINI HARI DI JAKARTA

Mencermati dan melihat situasi yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta sebagai dampak dari adanya perbedaan cara pandang hasil pemilu, Forum Zakat ikut terlibat dalam merespon dampak kemanusiaan yang ditimbulkan. Lembaga-lembaga anggota Forum Zakat menerjunkan tim medis dan tim pendukung lainnya untuk membantu korban-korban yang menderita, dianteranya gangguan kesehatan, luka-luka, dan dampak lainnya yang lebih parah.

Sangat disayangkan upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga anggota Forum Zakat harus mengalami tindakan represif yang dilakukan oleh oknum aparat. Salah satu yang mengalami tindakan pemeriksaan berlebihan adalah lembaga kemanusiaan sekaligus lembaga zakat Dompet Dhuafa.

Melaui pesan ini, Keluarga Besar Forum Zakat yang beranggotakan 121 Organisasi Pengelola Zakat se-Indonesia menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mengingatkan kepada aparat yang berwenang bahwa tindakan pemeriksaan berlebihan yang dilakukan oknum aparat kepada tim medis Dompet Dhuafa yang sedang bertugas pada unjuk rasa Kamis dini hari tadi, dapat diduga merupakan pelanggaran Pasal 11, Pasal 24-27, Pasal 36, dan Pasal 37 Konvensi Jenewa dimana petugas kesehatan harus dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan.

- Advertisement -