Gunung Merapi Terlama Berstatus Waspada, BPPTKG Ungkap Alasannya

23 views
Ilustrasi Gunung Merapi Jawa Tengah/Ist
- Advertisement -

YOGYAKARTA –  Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah  setahun berstatus waspada setelah meletus pada Mei 2018 lalu.

Kala itu, status Merapi yang normal kemudian dinaikkan menjadi Waspada dan sudah setahun status itu bertahan, dan merupakan yang terpanjang dalam catatan gunung itu.

Dengan aktivitas Merapi yang lambat, Status Waspada Panjang Banyak pertanyaan muncul, mengapa Status Waspada ini begitu panjang diterapkan sehingga membuat sejumlah aktivitas masyarakat terbatasi.

Hanik Humaida, Kepala BPPTKG Yogyakarta menyebut, penyebabnya adalah karena laju magma menuju ke permukaan berjalan sangat pelan. Saat ini, dalam satu hari hanya 3000 meter kubik material yang naik ke kawah. Padahal rata-rata kemampuan Merapi mengangkat material adalah 20 ribu meter kubik per hari.

“Ini masih terus terjadi. Kegempaan masih ada. Ini mengindikasikan masih ada suplai magma, tetapi masih kecil. Indikasi lain, tidak menunjukkan sesuatu yang signifikan. Ini akan terus terjadi, tetapi tetap sangat lambat. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Hanik.

- Advertisement -