Tim Dompet Dhuafa Masih Siaga di Lokasi Banjir Bandang Lebak Banten

22 views
- Advertisement -

LEBAK – Dompet Dhuafa merepon bencana banjir bandang yang terjadi pada Rabu (22/5/2019) di dua Kecamatan Sajira dan Muncang akibat hujan lebat di hulu Sungai Cilaki.

Peristiwa banjir bandang ini mengakibatkan beberapa bangunan terendam dan hanyut. Tercatat 95 rumah terdampak, diantaranya 25 rumah rusak berat (Kampung Cibeurih), satu  Madrasah Ibtidaiyah terendam, satu Majelis Taklim hanyut, satu Pondok Pesantrendengan empat bangunan hanyut, dua jembatan desa putus dan hanyut, dan satu MCK hanyut.

Namun beruntung dilaporkan juga tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut.

Data sementara jumlah pengungsi ebanyak 309 jiwa yang mengungsi di rumah keluarga masing-masing meskipun sudah disediakan lokasi pengungsian di Kantor Desa Margaluyu.

Meski banjir kini telah surut, dan hanya meninggalkan lumpur, sampah,kayu-kayu gelondongan yang terbawa banjir bandang, namun penanganan darurat dan pendistribusian bantuan terus dilakukan oleh tim gabungan.

Para korban juga hingga kini masih membutuhkan bantuan seperti pakaian, makanan siap saji, selimut, air bersih, terpal, peralatan masak dan Hygiene kit.

Sementara itu lima relawan Dompet Dhuafa dan satu mobil operasional masih siaga di lokasi untuk memberikan pelayanan bantuan.

Tim juga melakukan koordinasi dengan posko penanggulangan darurat, pengadaan bantuan Darurat, dan asesment Rumtara, demikian dikutip dari rilis yang diterima KBK, Sabtu (25/5/2019).

- Advertisement -