BNPB Gali Data dari Belanda Tentang Bencana Indonesia di Masa Lalu

14 views
Ilustrasi: Peringatan bencana oleh BNPB dengan globe. Foto: BNPB
- Advertisement -

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 17 hingga 21 Mei lalu mengirimkan sejumlah tim ke Belanda  untuk mencari data-data mengenai bencana yang terjadi di Indonesia pada masa lalu.

Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo, Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (29/5/2019) mengatakan pihaknya ingin data-data lebih banyak tentang peristiwa masa lalu yang dimiliki Belanda dan tersimpan di arsip nasional Belanda dan di beberapa perguruan tinggi Belanda.

Kemudian, semua jenis bencana alam yang pada masa lalu terjadi di Indonesia akan digali oleh tim tersebut. Tim pertama tersebut hanya memastikan informasi awal bahwa benar ada sejumlah dokumen yang berhubungan dengan bencana pada masa lalu di Indonesia.

“Bahkan rupanya VOC itu selama ratusan tahun baik itu mereka berada di Afrika Selatan dan juga di wilayah Nusantara itu mereka setiap hari memberikan laporan tentang cuaca. Pagi siang dan sore atau malam. Dan itu sangat disiplin ya menurut keterangan dari kepala arsip nasional Belanda. Dan kita coba untuk mendapatkan data data ini sehingga kita bisa tau apa yang terjadi pada kurun waktu 30-50 tahun terakhir di Indonesia,” ujar Doni

Kendati begitu, tim pertama sempat mengalami kesulitan dalam memahami isi dokumen tersebut. Hal ini dikarenakan bahasa yang digunakan dalam dokumen tersebut sudah jarang dipahami oleh orang Belanda sendiri. Belum lagi dokumen tersebut ditulis tangan bukan diketik oleh mesin ketik.

Doni mengakui bahwa tim pertama belum menghasilkan informasi yang signifikan terkait info kebencanaan pada masa lalu. Selanjutnya pihaknya akan mencari orang-orang yang tepat untuk kembali diberangkatkan ke Belanda.

“Karna untuk mendapatkan dokumen membutuhkan waktu yang cukup lama juga, belum nanti menerjemahkannya kemudian menganalisa hasil temuan-temuan itu. Ya paling tidak butuh waktu antara 1-2 tahun,” katanya, dikutip liputan6.com.

- Advertisement -