Hafal Al-Quran, Dua Diaspora Muda Indonesia di AS Jadi Imam Shalat Tarawih

56 views
Salat Tarawih di masjid IMAAM Center selama bulan Ramadan/ VOA
- Advertisement -

AMERIKA – Dua diaspora muda Indonesia di Amerika Serikat , Ifdal Yusuf dan Muhamad Abdul-Hafiz Zakaria yang merupakan  penghafal Alquran  ditunjuk menjadi imam tarawih.

Ifdal, kelahiran Jakarta yang hari ini berusia 23 tahun, tinggal di kota Dallas, Texas. Dan Muhamad, yang Maret lalu berusia 17 tahun, tinggal di kota College Park, Maryland.

Proses menjadi imam dimulai dengan menugaskan murid-murid sekolah hifz, yang sudah hafal quran, memimpin sholat. Seiring waktu, manakala hapalan mereka semakin baik dan pengalaman menjadi imam semakin banyak, mereka dipercaya menjadi imam tarawih.

Bagi Ifdal, yang sejak usia 12 sudah hafal quran, sudah 9 tahun ini ia menjadi imam. Sementara bagi Muhamad, yang hafal quran sejak usia 11:

“Saya mulai memimpin/menjadi Imam tarawih mungkin sejak 5 tahun lalu,” ujarnya, dilaporkan VOA.

Ifdal dan Muhamad yang sama-sama sejak kecil belajar mengaji, mengakui tidak mudah menghafal quran. Ifdal malah sempat ingin menyerah.

“Tahun pertama itu, susah, kan dari sekolah umum masuk sekolah hifz. Fokusnya susah. Bosan. Sehari delapan jam, (belajar) Quran. Pulang, Quran lagi,” papar Ifdal.

Selepas SMA, Ifdal belajar Bahasa Arab, Fiqh, dan Tafsir di Bayyinah Institute di Dallas, Texas. Ilmu memperkuat niatnya mempelajari Quran, sementara undangan menjadi imam terus mengalir.

Setelah sempat masuk hifz school, sambil menjadi imam, ia kini melanjutkan sekolah untuk menyelesaikan SMA. Tetapi interaksi dengan alquran bukan berarti selesai.

Berdasar pengalaman, kata Muhamad, untuk menghafal Alquran, kita harus meluangkan waktu untuk membaca, mengkaji, dan memahami makna ayat-ayat alquran tersebut.

Di sela rutinitas menjadi imam, mengajar mengaji dan menjaga hafalan Quran, Ifdal mengejar ilmu psikologi klinis di University of Texas at Arlington, Muhamad mengincar jurusan mechanical engineering, University of Maryland.

- Advertisement -