Militer Taiwan Hadapi Raksasa China

944 views
Walau tak sebanding, militer Taiwan terus mengasah diri untuk menghadapi ancaman invasi raksasa China
- Advertisement -

TAIWAN jika dihadapkan dengan mesin perang raksasa China yang saat ini terus membangun militernya menjadi kekuatan global, bagaikan legenda “David dan Goliath” di era Palestina tempo doeloe.

Ancaman demi ancaman dilontarkan China untuk merebut kembali Taiwan yang diklaim sebagai wilayahnya tersebut, sebaliknya Taiwan juga terus mengasah kemampuannya untuk mempertahankan diri.

Mengacu pada ranking kekuatan militer dunia versi Global Firepower, posisi China dan Taiwan bagai langit dan bumi. China bertengger pada ranking ke-3 setelah Amerika Serikat dan Rusia, sementara Taiwan di posisi ke -22.

AB China dengan anggaran belanja militer 224 milyar dollar AS (sekitar Rp3.228 triliun atau setara 1,5 kali APBN Indonesia) didukung tiga juta personil, AU-nya mengoperasikan 3.170 pesawat berbagai jenis, AL diperkuat 714 kapal perang termasuk satu kapal induk, 76 kapal selam dan AD memiliki 13.500 tank, ribuan artileri dan peluncur roket.

Ambisi China menguasai dunia, tampak nyata, mulai dari sekedar membeli persenjataan ex-Uni Soviet, kemudian meniru atau memperoleh lisensi dan selanjutnya membuat sendiri, bahkan kini sudah menjadi negara pengekspor alutsista utama.

Selain membangun kekuatan nuklirnya, China ikut bersaing dalam lomba persenjataan konvensional, misalnya pesawat tempur generasi ke-5 “elang hitam” Chengdu J-20 buatannya yang berkemampuan siluman dan rudal penghancur kapal induk Dongfeng DF-21.

Sebaliknya, kekuatan Taiwan walau jauh lebih kecil, dengan personil 300.000 orang, 300 pesawat tempur, 87 kapal perang, empat kapal selam dan sekitar 1.855 tank tidak bisa dianggap enteng, karena selain terlatih juga menggunakan teknologi mutakhir.

AU Taiwan mengandalkan lebih 100 pesawat tempur “Elang Tempur” F-16 C/D yang kemampuannya akan ditingkatkan menjadi F-16 Viper, pesawat Mirage 2000 buatan Perancis dan Chengko F-CK1 buatan lokal yang keandalannya setara dengan F-16.

- Advertisement -