Selamat Jalan Ibu Ani

39 views
Ibu Ani didampingi suaminya, mantan Presiden SB Yudhoyono. Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono (67) berpulang diNUH, SIngapore, Sabtu pukul 11.50 (6/1) setelah berjuang selama empat bulan melawan leukemia yang diidapnya.
- Advertisement -

ANI Yudhoyono (67), mantan ibu negara RI, akhirnya berpulang ke rahmatullah di National University Hospital, Singapura, Sabtu pukul 11.50 pagi waktu setempat setelah berjuang sekitar empat bulan melawan penyakit leukemia yang diidapnya.

Selain suami tercintanya, Presiden RI ke-6 Susilo B Yudhoyono yang selalu berada disampingnya di saat-saat terakhirnya, Ani juga ditunggui oleh kedua puteranya Agus Harimurti dan Ibas beserta isteri dan anak-anaknya.

Walau leukemia yang termasuk turunan penyakit kanker darah yang mematikan, kabar duka tersebut juga cukup mengejutkan, mengingat kondisi kesehatan almarhumah sempat membaik pertengahan Mei lalu sehingga diizinkan untuk keluar ruang perawatan.Kondisi korban kembali memburuk sejak Jumat lalu (31/5), selain mengalami kesulitan bernafas, ia juga tidak sadarkan diri.

Leukemia menurut data di dunia, diidap oleh 9,1 dari 100.000 penduduk berusia dari 0 sampai 74 tahun dengan angka kematian 4,8 per 100.000 penduduk, sedangkan di negara berkembang diidap oleh 4,5 per 100.000 penduduk dengan angka kematian 3,7 per 100.000 penduduk .

Kanker darah atau penyakit leukemia adalah kondisi dimana tubuh memproduksi sel darah putih lebih banyak dari tingkat normal sehingga mengganggu fungsi tubuh dalam melawan infeksi.

Leukemia menjadi berbahaya karena jumlah sel darah putih yang sangat banyak dalam aliran darah dan sumsum tulang bisa membuat sel-sel darah lainnya terganggu proses pembuatannya.

Akibatnya, sel-sel darah putih dan sel darah lainnya tidak mampu berfungsi sehingga pengidap leukemia rentan terhadap memar, perdarahan, dan infeksi.

Karena penumpukan sel darah putih terjadi di aliran darah, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

- Advertisement -