SURYATMAJA KRAMA (2)

131 views
Perkelahian Suryatmaja-Harjuna dipisah Betara Narada. "Malu dong, berantem kok rebutan cewek." kata dewa mirip pulau Kalimantan itu.
- Advertisement -

SELESAIKAH persoalannya dengan uang damai dan per­janjian itu? Tentu saja tidak. Meskipun keperawanan dijamin utuh, wayang-wayang tetap saja akan mencemooh Kunti karena punya anak tanpa suami. Maka begitu adiknya melahirkan lewat telinga, orok yang diberi nama Suryatmaja (berarti anak Batara Surya) atau Karno (telinga) itu oleh Basudewa segera dihanyutkan ke sungai Yamuna sempalan (cabang) Ciliwung. Pusaka Kuntadruwasa pemberian Bata­ra Surya juga disertakan pula di dalamnya.

“Selamet, selamet, mudah-mudahan nggak ada polisi yang lihat,” kata Basudewa ketika melihat bayi dalam ember plastik itu dibawa arus.

Nasib bayi Suryatmaja memang bagus. Dia tidak mati kedinginan atau tenggelam, justru malah ditemukan oleh istri Prabu Radeya dari Kerajaan Pretapralaya. Kebetulan dia tidak punya anak, sehingga bayi itu diadopsi dan diganti nama Radeyaputra.

Ketika Radeyaputra berusia 25 tahunan, dia pacaran dengan Dewi Surtikanti putri Prabu Salya dari Mandaraka, yang dikenalnya lewat cover Majalah Famili. Anak angkat Prabu Radeya ini memang tergolong ndableg juga, meski-pun tahu Surtikanti sudah dicalonkan dengan Suyudana raja Ngastina, tiap malam apel di keputren Mandaraka. Dan ketika pulang Suryatmaja cuma meninggalkan cupang di pipi dan leher Dewi Surtikanti.

Di Mandaraka agaknya saat itu memang lagi musim bercinta. Selain Suryatmaja – Surtikanti, putri bungsu Prabu Sulya yang bernama Banowati juga sedang hot-hotnya memadu kasih dengan Permadi kesatria dari Ngamarta. Yang membuat Banowati sakit hati, beberapa kali dia memergoki kekasihnya loncat dari jendela kamar Dewi Surtikanti. Dia marah benar kepada Permadi.

“Dasar buaya darat, luh! Pacaran dengan gue tak puas ya, sehingga kakakku Surtikanti kamu “timpe” juga?” ujar Bano­wati suatu malam sengit.

“Ssst, jangan menuduh yang bukan-bukan. Saya tak pernah pacaran dengan kakakmu, sungguh…!” jawab Per­madi membela diri.

- Advertisement -