Sungai Kapuas Hulu Meluap, Warga Diimbau Siaga Banjir

353 views
Ilustrasi/ Foto:tempo.co
- Advertisement -

KAPUAS HULU – Luapan sungai Kapuas Hulu kembali merendam dataran rendah di sejumlah kecamatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Pelaksanan tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Rupinus untuk itu mengimbau agar seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk siaga banjir.

“Debit air memang naik lagi, karena hujan beberapa hari, masyarakat mesti siaga banjir, jika ketinggian air diatas normal lebih baik mengungsi,” katanya di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu malam.

Menurutnya, banjir yang terjadi di wilayah Kapuas Hulu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga sungai Kapuas dan sejumlah sungai kecil meluap.

Menurut dia, debit air banjir saat ini masih naik dan meluas ke sejumlah dataran rendah di beberapa kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

“Kami masih melakukan monitoring situasi banjir serta perkembangannya, sekali lagi kepada masyarakat tetap waspada dan siaga banjir,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tagana Kapuas Hulu, Hatta mengatakan akibat banjir susulan kali ini ada sekitar belasan rumah warga di pesisir sungai sudah terendam banjir.

“Sekitar belasan rumah di Kecamatan Bunut Hulu sudah terendam banjir,” tambah dia, dikutip Antara.

- Advertisement -