Puluhan Rohingya Ditemukan Terdampar di Thailand

122 views
- Advertisement -

THAILAND – Puluhan Muslim Rohingya ditemukan di sebuah kapal yang karam di lepas pantai Thailand pada Selasa (11/6/2019) pagi di Taman Nasional Laut Tarutao di Thailand selatan, atau sekitar 400 kilometer dari perbatasan Myanmar.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Thailand mengatakan, sebagaimana dilansir AFP, ada 65 rohingya, dan diantaranya 31 perempuan dan lima anak Rohingya yang terdapat di kapal yang karam itu.

Seorang lelaki Thailand dan lima warga negara Burma yang berada diantara mereka mengaku sedang memancing di daerah itu dan tidak memiliki hubungan dengan Rohingya. Namun pihak berwenang menangkapnya, karena menduga ada hubungannya dengan perdagangan manusia.

“Keenam orang itu ditahan untuk diinterogasi karena perilaku mereka yang mencurigakan,” kata juru bicara Angkatan Laut Thailand, Khan Deeubol.

Seorang pejabat provinsi mengatakan kelompok itu awalnya diselidiki karena masuk secara ilegal, namun penyelidikan meluas.

“Pihak berwenang tidak mengesampingkan masalah lain seperti perdagangan manusia,” kata sumber dari Komando Keamanan Internal (ISOC) di Provinsi Satun.

 

- Advertisement -