Serangan Houthi di Bandara Abha Arab Saudi Lukai 26 Warga Sipil dari Berbagai Negara

31 views
Ilustrasi
- Advertisement -

RIYADH – Koalisi yang dipimpin Saudi mengkonfirmasi pada Rabu (12/6/2019), telah terjadi serangan oleh pemberontak Yaman Houthi di bandara di Arab Saudi selatan.

Kolonel Turki al-Maliki, juru bicara koalisi, dikutip dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency (SPA) yang mengatakan,  “Sebuah proyektil  jatuh pada hari Rabu di ruang kedatangan bandara Abha, di mana ribuan warga sipil penumpang lewat setiap hari.”

Al-Maliki menggambarkan, sebagaimana dilansir Anadolu, jika  serangan itu adalah “aksi teroris”. Dia menambahkan setidaknya 26 warga sipil, dari berbagai negara, terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya pada hari Rabu, kelompok pemberontak Houthi mengklaim bertanggung jawab atas penargetan bandara Abha dengan rudal jelajah, dengan mengatakan bahwa rudal “mengenai sasaran dengan tepat.”

Yaman telah dilanda oleh kekerasan dan kekacauan sejak 2014 ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Krisis meningkat pada tahun 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang menghancurkan yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan teritorial Houthi.

Sejak itu, puluhan ribu warga Yaman, termasuk warga sipil, diyakini telah tewas dalam konflik itu, sementara 14 juta lainnya berisiko kelaparan, menurut PBB.

Menurut angka-angka PBB, Yaman menghadapi salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan lebih dari 10 juta orang terdorong ke ambang kelaparan. Lebih dari 22 juta orang di Yaman sangat membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

- Advertisement -