Dompet Dhuafa Terus Gulirkan Bantuan untuk Pengungsi Banjir di Konawe dan Samarinda

6 views
- Advertisement -

SAMARINDA – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa terus bergerak menggulirkan bantuan sejak pemerintah daerah Sulawesi Tenggara menetapkan masa tanggap darurat bencana alam selama 14 hari (hingga 24 Juni 2019).

Mulai dari tim SAR, bantuan logistik, air minum dan kebutuhan pangan untuk pengungsi terus digulirkan Dompet Dhuafa.

Tak hanya di Sulawesi Tenggara, tim Dompet Dhuafa juga terjun untuk merespon bencana banjir di Samarinda, Kalimantan Timur.

Meski pada Rabu (12/6/2019), debit air di Samarinda menunjukkan penurunan sekitar 10cm, namun masyarakat di sana masih tinggal di pengungsian. Lima kelurahan di kawasan tersebut menjadi wilayah terdampak parah banjir Samarinda. Bantuan proses evakuasi, dapur umum, suplai logistik dan Pos Medis dengan menghadirkan Aksi Layanan Sehat, menjadi konsentrasi awal tim respon Dompet Dhuafa untuk banjir Samarinda.

“Melihat sudah lamanya masyarakat tinggal di pengungsian, selain kebutuhan pangan, layanan medis menjadi kebutuhan para pengungsi saat ini. Pasalnya kondisi tinggal dalam kondisi seadanya di pengungsian dan cuaca, dapat memengaruhi kesehatan masyarakat di pengungsian. Maka kami juga menggulirkan Aksi Layanan Sehat sebagai bagian dari Pos Medis Dompet Dhuafa,” jelas Rahmat, tim respon Dompet Dhuafa untuk Banjir Samarinda.

Dilaporkan Taufan YN, hingga berita ini diturunkan, masih banyak kebutuhan dasar dan mendesak belum terpenuhi bagi masyarakat terdampak banjir Konawe dan Samarinda.

- Advertisement -