BPBD Karawang Siapkan Tiga Langkah Antisipasi Bencana Kekeringan

8 views
Ilustrasi/ Infowanacita
- Advertisement -

KARAWANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang telah menyiapkan tiga skema penanggulangan bencana kekeringan yang kerap terjadi di wilayah Karawang Selatan.

Kepala BPBD Karawang, Asep Wahyu Suherman, menyampaikan selama ini ada tiga kecamatan di Karawang yang mengalami krisis air bersih ketika kemarau datang. Tiga kecamatan dimaksud adalah Pangkalan, Tegalwaru, dan Ciampel.

Dijelaskannya, skema pertama untuk menanggulangi krisis air bersih di tiga kecamatan itu adalah menyalurkan air bersih ke desa-desa yang membutuhkan. Air bersih itu akan disalurkan menggunakan mobil tanki air milik BPBD dan PDAM Tirta Tarum.

Skema berikutnya BPBD bersama dinas terkait lainnya akan mencari sumber air yang masih ada. Air itu akan dialirkan ke pemukiman warga melalui pipa.

Dia menambahkan pihaknya telah menemukan sumber air bersih dari mata air yang terletak di Desa Cintawargi, Kecamatan Tegalwaru. Air dari lokasi itu bisa disalurkan ke desa di sekitarnya.

Dijelaskan pula, proyek pipanisasi itu telah diajukan ke Bappeda dan diharapkan bisa terealisasi 2019 ini. Air dari pipa itu nantinya akan ditampung dalam sebuah bak besar dan warga bisa memanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

“Jika proyek pipanisasi sudah jadi, maka kebutuhan air untuk Desa Cintawargi dan Desa Cintalaksana bakal teratasi,” kata dia, dilansir PR, Jumat (14/6/2019).

 

- Advertisement -