Laporan Banjir Konawe, Dompet Dhuafa Masih Siagakan Berbagai Bantuan di Lokasi

14 views
- Advertisement -

KONAWE –  Jalur darat menuju tiga Kecamatan di Konawe masih terputus dn membuat warga terisolir setelah hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut pada 1-2 Juni 2019.

Sementara laporan tim Dompet Dhuafa, di  Kecamatan Wonggeduku Kelurahan Wukusao
terdapat 3 desa dengan 2 desa terimbas dampak banjir parah. Masyarakat terkena dampak berjumlah 20 KK termasuk balita dan ibu hamil.

Selain itu di Kecamatan Uepea banjir telah surut dan sudah dilakukan pembersihan. Desa Anggopiu Kec Lamhuya masih dalam keadaan banjir. Masyarakat terkena dampak berjumlah 6 KK termasuk balita.

Di Kecamatan Anggotoa, terdapat 14 desa dengan 5 desa terdampak banjir. Dari 5 desa hanya 2 desa yang bisa dijangkau sebab ketinggian air berkisar 50-200 m yang juga menyebabkan medan sulit dilalui kendaraan. Jumlah warga terdampak sebanyak 24 KK dari 105 KK (Desa Tonggagura), 50 KK dari 205 KK (Desa Analahaanggoli).

Respon Dompet Dhuafa untuk bencana banjir yakni dengan melakukan assessment ke Kecamatan Wonggeduku Kel Wukusao, Kecamatan Uepea, dan Kecamatan Anggota.

Tim logistik membeli kebutuhan darurat untuk disalurkan ke Kecamatan Lamhuya dan juga membuka Pos Hangat. Selain itu  tim medis melakukan Aksi Layanan Kesehatan dengan total 63 pasien. Rata-rata diagnosis penyakit kutu air. Kendala SDM yang sangat terbatas (2 dokter dan 1 perawat merangkap apoteker).

Selanjutnya Dompet Dhuafa juga akan koordinasi dengan Basarnas untuk upaya SAR di Kec Anggotoa.  Tim psikologi anak akan melakukan pendataan di daerah terdampak khususnya Kec Pondidahai untuk melakukan kegiatan trauma healing anak, dan
tiim medis akan berkoordinasi ke dinas kesehatan setempat.

- Advertisement -