Waspada! Epidemi Virus Ebola

56 views
Badan Kesehatan Dunia (WHO) didesak tetapkan stas darurat Virus Ebola yang saat ini menyerang KOngo dan Uganda di Afrika
- Advertisement -

PENETAPAN status darurat global epidemi virus ebola yang saat ini menyerang epublik Demokratik Kongo dan Uganda dalam upaya meningkatkan upaya pengendalian sebaran penyakit itu dan juga penggalangan dana dan SDM sudah mendesak, kata pakar kesehatan.

“Korban tidak tertangani dan kematian terus meningkat di luar pusat perawatan penyakit ebola. Keluarga korban juga rentan terpapar, serta banyak orang yang memiliki riwayat kontak dengan penyakit itu tak terlacak, “ ujar Profesor Hukum Kesehatan Global, Fak. Hukum Universitas Georgetown, Lawrence Gostin.

“Akankah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan status darurat global terhadap ebola? Akal sehat saya menyatakan ‘iya’ “ tanya Gostin yang dijawabnya sendiri dalam cuitannya yang dikutip Kompas (15/6).

Senada dengan Dr. Gostin, Direktur lembaga bantuan medis global Wellcome Trust, Jeremy Farrar berpendapat, selayaknya WH0 menyataan status darurat atas epidemi ebola di Kongo yang sejak merebak pada Agustus 2018 tercatat 2.084 kasus ebola, 1.405 orang tewas.

Virus ebola agaknya sudah melintasi tapal batas Kongo, memasuki wilayah Uganda, terbukti dari tiga dari sekeluarga pelintas batas yang terpapar, dua diantaranya meninggal.

Sementara itu Komite Kedaruratan WHO menggelar pertemuan di Jenewa (14/6) untuk menetapkaan apakah epidemi yang terjadi di Republik Kongo dan Uganda saat ini sudah memasuki status darurat.
Epidemi ebola di Kongo merupakan terbesar kedua di dunia setelah wabah di Afrika Barat antara 2014 hingga 2016.

Sejak terdeteksi pada 1976 di Sudan dan Republi Demokratik Kongo pada 1976, kemudiana menyebar ke Guyana, Sierra Leone, Liberia dan Nigeria.

Penyakit virus ebola (EVD) atau demam berdarah Ebola (EHF) menjangkiti manusia dari hewan seperti monyet, gorila dan simpanse.

- Advertisement -