Dompet Dhuafa Salurkan Zakat Secara Digital Pertama di Dunia

35 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Berkembangnya dunia digital mendorong Dompet Dhuafa menyalurkan zakat fitrah secara cashless. Yuli Pujihardi Direktur Resources and Mobilization Dompet Dhuafa mengatakan cara terseput harus ditempuh mengingat perolehan zakat yang terus meningkat dan semakin berkembangnya dunia digital.

Bila dahulu Dompet Dhuafa membagikan zakat fitrah secara manual kini tidak demikian. Sejak menggandeng Duithape kihi penyebaran zakat fitrah dilakukan secara cepat dan akurat.

“Ramadan kemarin kami membagikan 3500 paket sembako senilai Rp 100 ribu tanpa harus meninggalkan kantor. Tim Duithape lalu mendistribusikan sembako secaracashless dengan e-vocher. E-vocher itu lalu bisa ditukarkan dengan sembako yang ada di warung-warung mitra Duithape,” ungkap Yuli Pujihardi di Jakarta (26/6).

Pendiri Duithape Sara Dhewanto mengatakan penyaluran zakat via digital mekanismenya sangat singkat. Setelah Duithape menerima zakat fitrah dari Dompet Dhuafa, cukup di proses selama 30 menit untuk sampai ke penerima manfaat.

“Penerima manfaatnya merupakan orang-orang tak mampu yang telah kami verifikasi secara akurat dengan melibatkan data penduduk miskin dari kelurahan. Kemarin Dompet Dhufa dan Duithape salurkan zakat fitrah di daeah Jakarta Utara dan Cobinong, Jawa Barat,” jelas Sara.

- Advertisement -