Jelang Idul Adha, Puluhan Kambing Kampoeng Ternak Jawa Tengah Siap Dipasarkan

72 views
- Advertisement -

SEMARANG – Salah satu program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang bernama Kampoeng Ternak Nusantara siap meramaikan program Tebar Hewan Kurban (THK).

Progra pemberdayaan tersebut digagas untuk meningkatkan produksi ternak lokal dan membantu peternak-peternak dhuafa.

Kini, sentra ternak tersebut tersebar di 9 provinsi, meliputi Riau (Siak), Banten (Serang), Jabar (Cianjur, Kab Bandung, Subang), Jogja (Kulonprogo), Jatim (Madiun, Situbondo), Jateng (Boyolali), Sulsel (Luwu Utara, Maros), dan NTT (Ronting), dengan melibatkan kurang lebih 50 Pekerja/Mustahik.

Keberadaan sentra ternak tersebut telah menghasilkan ternak untuk kurban THK sebanyak 2.117 setara doka (domba kambing).

Kampung Ternak di Jawa Tengah sendiri sudah berdiri kurang lebih tiga tahun. Tepatnya sejak Maret 2017 lalu. Melalui kerja sama dengan Kelompok Tani Tunas Muda, mereka berternak Kambing Jawa.

“Di kampung sini memang banyak peternak kambing yang pandai merawat hewan-hewan ternaknya. Pemilihan ternak Kambing Jawa dikarenakan dari segi pemasaran lebih bagus ketimbang domba. Kalau di sini harga domba cukup miring,” ujar Nurhakim, selaku Ketua Kampoeng Ternak Jawa Tengah, pada Senin (24/6/2019) melalui pesan singkat, yang dikutip Fajar dari Dompet Dhuafa.

Dengan total 16 peternak binaan Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Kampung Ternak di sini sudah memiliki total tiga kandang kambing.

“Kita sudah memiliki ternak kambing yang berjumlah 85-90 ekor. Kita memberikan pakan yang bagus, memberi vitamin dengan memakai singkong dan juga nutrisi lainnya, supaya gemuk dan sehat. Walaupun harga singkong cukup tinggi,” lanjut Nurhakim.

 

- Advertisement -