Pintu Lintasan KA, Samber Nyawa

54 views
Tujuh orang tewas akibat kendaraan yang mereka naiki ditabrak KA di pintu lintasan KA Km141 Haurgeulis - Cilekeh, Indramayu, (28/6). Puluhan orang tewas akibat kendaraan menerobos pintu lintasan KA di Jawa dan Sumatera setiap tahun.
- Advertisement -

KECELAKAAN hingga merenggut nyawa akibat kendaraan menyerobot pintu lintasan KA sudah acap kali terjadi, namun belum tampak aksi serius, baik oleh pemerintah pusat mau pun pemda mengatasinya.

Kasus teranyar, tujuh korban termasuk ibu yang sedang hamil tewas akibat mobil minibus bernomor polisi E 1826 RA yang mereka naiki disambar KA Jayabaya jurusan Ps Senen, Jakarta – Malang di KM 143 antara Haurgeulis dan Cilegeh, Kec. Kroya, Kab. Indramayu, Sabtu (29/6).

Humas PT KAI Daops 3 Cirebon melaporkan, korban tewas beralamatkan Desa Ranjeng, Kec. Losarang yakni Tasdan (43), Dian Kusprihatini (36) yang hamil enam bulan dan Tri Mulyani (52), Atmaja Akmal (8) dari Desa Temiyangsari, Kec. Kroya, serta Darmiyati (8) dan Aldion (9) warga Jakarta.

Menurut Kapolres Indramayu AKBP M Yoris Marzuki, beberapa saksi relawan penjaga pintu lintasan KA sudah berupaya menurunkan palang, namun pengendara menerobosnya dan apesnya, kendaraan mogok saat pas berada di rel KA sehingga kecelakaan tidak bisa dihindari walau para saksi menyatakan berupaya mendorongnya.

Sehari sebelumnya (28/6) di lingkup PT KAI Daop 3 Cirebon, Tjashadi (66), warga Kosambi, Cirebon tewas terserempet KA di KM 222 antara Stasiun Cirebon Prujakan dan Luwung.

Puluhan korban tewas sejak 2016 akibat kecerobohan pengemudi saat melintasi pintu KA di wilayah Daops 3 Cirebon yang terbentang dari Stasiun Cikampek, Stasiun Cirebon hingga Stasiun Tegal yang dilintasi 96 KA regular tiap hari, dengan 121 pintu lintasan tidak terjaga.

Kecelakaan di perlintasan KA masih terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat, menerobos palang perlintasan KA walau bel peringatan sudah dibunyikan dan bahkan palang pintu lintasan sudah diturunkan.

- Advertisement -