Turki, Rusia dan Iran Bertemu Bicarakan Masalah Suriah pada Agustus Mendatang

809 views
Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin usai KTT Ankara (4/4) untuk menggalang proses damai Suriah.
- Advertisement -

ANKARA – Juru bicara kepresidenan Turki pada hari Kamis mengatakan Ankara akan menjadi tuan rumah KTT trilateral dengan partisipasi Rusia dan Iran pada bulan Agustus.

“Pertemuan itu terutama akan membahas Idlib dan bagian-bagian lain Suriah, mengenai situasi keamanan umum, proses transisi, komisi konstitusi, dan penyelesaian kembali,” kata Ibrahim Kalin.

Setelah pertemuan Kabinet di ibu kota Ankara, Kalin juga mengatakan akan ada pertemuan lain dengan para pemimpin Rusia, Jerman dan Prancis dalam dua bulan.

“Selama KTT G20 disepakati bahwa pertemuan puncak empat partai seperti yang diadakan tahun lalu akan diadakan di Istanbul yang diselenggarakan oleh presiden kita.”

“KTT empat kali lipat direncanakan sebelum pergi ke Majelis Umum PBB,” katanya.

Kalin menggarisbawahi bahwa masalah Suriah dan regional akan dibahas dalam pertemuan ini.

Tentang sistem pertahanan S-400 Rusia, Kalin mengatakan mereka akan dikirim ke Turki segera.

“Ini bukan sistem pertahanan yang akan menimbulkan ancaman atau bahaya bagi sistem keamanan kita saat ini, terutama dalam sistem NATO,” kata Kalin.

“Pertama-tama, ini adalah sistem pertahanan, bukan sistem serangan terhadap negara lain, oleh karena itu itu bukan ancaman bagi negara lain,” tambahnya, dikutip Anadolu.

Kalin mengatakan Kementerian Pertahanan Nasional dan Komando Angkatan Udara akan memutuskan di mana rudal udara akan dikerahkan.

- Advertisement -