Kilas Balik Berkembangnya Beras Berlian SAE

11 views
- Advertisement -

JAKARTA (KBK) – Sejak didampingi tahun 2009 silam, ratusan petani yang tergabung di Gapoktan Al-Ikhwan di Cibeber, Cianjur, Jawa Barat mampu hasilkan berton-ton beras sehat.

Dimas dari Program Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa mengatakan selama 4 tahun didampingi, Dompet Dhuafa kembali memberikan masuk memberikan semangat bagi para petani dengan membuatkan koperasi. Koperasi tersebut berguna untuk mengakses permodalan.

“Sekitar tahun 2013 kami melihat potensi permintaan beras yang tinggi, selain koperasi juga kami hadirkan penggilingan padi dan fasilitas penjemuran,” ujar Dimas pada acara kunjungan media dan blogger di Cianjur (11/7).

Menurut Dimas dengan adanya pengembangan ini, para petani menjadi mampu unttuk memproduksi beras skala besar yang kapasitas ya bisa ditingkatkan.

“Tahun 2016 kami masuk lagi intervensi dalam bentuk pemberian mesin pengemasan. Alhamdulilah Ramadan kemarin 75 ton beras hasil Gapoktan Al-Ikhwan berhasil dipemasarkan pada tebar zakat fitrah,” kata Dimas.

Dari hasil pertanian Gapoktan Al-Ikhwan berhasil mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak petani yang notabene hanya lulusan SMP. Operasional sekolah tersebut 100 persen di danai oleh keuntungan penjualan beras.

- Advertisement -