Israel Bubarkan Demonstran Palestina di Tepi Barat dengan Gas Air Mata

143 views
ilustrasi Demo rakyat Palestina meluas pasca keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump mengakui Jerualem sebagai ibukota Israel dan rencana pemindahan kudubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem
- Advertisement -

YERUSALEM – Pasukan keamanan Israel menembakkan gas air mata untuk membubarkan  protes pembongkaran rumah Palestina di dekat perbatasan Tepi Barat pada Kamis (11/7/2019).

Seorang wartawan AFP mengatakan sekelompok kecil warga Palestina mendirikan tenda di pinggiran Beit Sahur di sisi Tepi Barat yang diduduki di sebelah Yerusalem Timur yang dicaplok Israel, sebelum dipindahkan dan gas air mata ditembakkan oleh polisi.

Petugas medis Bulan Sabit Merah Palestina di tempat kejadian mengatakan 13 orang menderita inhalasi gas air mata, tetapi tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Protes itu digelar mengenai putusan pengadilan tinggi Israel bulan lalu yang menolak petisi oleh warga daerah Sur Baher di sisi tembok pemisah Yerusalem yang meminta pembatalan perintah militer yang melarang pembangunan.

Pada 18 Juni, penduduk menerima pemberitahuan 30 hari dari otoritas Israel yang memberi tahu mereka tentang niat mereka untuk menghancurkan rumah-rumah itu.

Menurut badan urusan kemanusiaan PBB OCHA, putusan itu mempengaruhi 10 bangunan yang sudah dibangun atau sedang dibangun, termasuk sekitar 70 apartemen.

OCHA menambahkan sekitar 17 orang akan terlantar dan sekitar 350 lainnya terkena dampak.

- Advertisement -