Karyawan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Belajar Pemulasaraan Jenazah

96 views
- Advertisement -

KAB. BOGOR—Setiap orang akan menghadapi kematian, namun terkadang luput untuk mempersiapkan diri, maka sebagai upaya perenungan sebelum batas usia itu tiba, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor bekerja sama degan Dompet Dhuafa menyelenggarakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Jum’at (12/7).

Kegiatan yang berlangsung di aula kecamatan tersebut merupakan bagian dari agenda kajian rutinan untuk karyawan setempat yang diadakan setiap pekan. Kali ini materi mengenai jenazah menjadi hal baru bagi peserta, berbeda dengan pilihan tema-tema sebelumnya.

“Kajian ini untuk mempererat tali silaturahmi, menambah ilmu, dan mengingat akan kematian,” ujar Supriadi selaku Sekretaris Camat (Sekcam).

Ia pun menyampaikan pelatihan ini dapat menjadi bekal untuk peserta ketika di sekitar tempat tinggal ada kebutuhan mendesak terkait amil jenazah.

“Terkadang saya menjumpai kasus di suatu lingkungan, ketika ada orang yang meninggal tapi amil jenazah sedang berhalangan untuk mengurusinya. Seharusnya ini dapat menjadi peran kita semua, terutama untuk orang tua kita,” imbuhnya.

Madroi sebagai Manajer Badan Pemulasaraan Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa berharap kegiatan ini akan berkembang hingga melingkupi amil di wilayah Ciawi Kabupaten Bogor.

“Kedepannya berharap Kecamatan dapat membuka kegiatan serupa untuk amil sekitar sini, sebagai bentuk diskusi ilmu mengenai pemulasaraan jenazah, karena banyak hal yang berbeda di tengah masyarakat, yaitu antara tradisi dan syar’at,” kata Madroi.

- Advertisement -