Ratusan Pengungsi Suriah di Lebanon Kembali ke Negara Asalnya

22 views
Ilustrasi Pengungsi Suriah di Lebanon bersiap pulang pada 28 Juni 2018/ Reuters
- Advertisement -

LEBANON – Ratusan pengungsi Suriah telah kembali pulang kembali ke negara asal mereka dari berbagai daerah di Lebanon, negara yang berdekatan setelah pasukan pemerintah Suriah dan pejuang sekutu dari kelompok-kelompok pertahanan populer berhasil membebaskan kota asal mereka dari cengkeraman kelompok-kelompok teroris Takfiri.

Kantor Berita Nasional Libanon melaporkan kepulangan mereka berada di bawah pengawasan Keamanan Umum Lebanon yang bekerja sama dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Pengungsi tiba di persimpangan perbatasan Jdeidat Yabous, al-Zamarani dan al-Dabbousiya dari wilayah Lebanon pada hari Kamis (11/7/2019) dan mereka kembali ke rumah dengan bus yang dikirim oleh otoritas Suriah.

Mereka menjalani pemeriksaan medis dan vaksin diberikan kepada mereka pada saat kedatangan di perbatasan Dabbousiya.

Sejumlah mobil dan truk dengan warga Suriah yang terlantar dan barang-barang mereka di atas kapal juga tiba di persimpangan Zamarani. Mereka menerima bantuan yang diperlukan sebelum menuju kampung halaman dan desa mereka.

Awal tahun ini, Presiden Lebanon Michel Aoun mendesak negara-negara dunia untuk “melakukan segala upaya” untuk membantu pemulangan pengungsi Suriah.

“Lebanon menyerukan kepada komunitas internasional untuk membuat semua upaya menjadi mungkin dan menyediakan kondisi yang sesuai untuk pengembalian Suriah yang aman,” katanya.

 

- Advertisement -