Di Gaji Kecil, Guru Honorer Asal Pandeglang Tinggal di Toilet

31 views
- Advertisement -

JAKARTA – Nining Suryani (44), seorang guru honorer asal Kabupaten Pandeglang, Banten tinggal bersama keluarganya di toilet sekolah tempatnya mengajar. Nining terpaksa mengubah toilet itu jadi tempat tinggalnya lantaran tak mampu membayar sewa rumah kontrakan petak sekalipun.

Nining menuturkan, gaji yang dia peroleh sebagai guru honorer hanya Rp 300 ribu. Itupun dibayar selama 3 bulan sekali. Padahal, ia sudah mengabdi selama 15 tahun di sekolah tersebut.

Nining pun berharap pemerintah dapat meringankan ebannya agar bisa mendapat tempat tinggal yang layak. Sementara itu suami Nining, Ebi Suhaebi mengaku hanya bisa mengandalkan gaji istrinya untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Sebab, Ebi sehari-hari hanya memiliki pekerjaan sebagai kuli kebun yang tak pernah menentu, walau bisa membantu mencukupi kebutuhan tersebut

“Saya mah enggak kerja, paling kuli ke kebun. Istri yang kerja sebagai guru (honorer), kalau gaji mah, yah tiap bulan ada, ini mah tiga bulan sekali baru (gajian) itupun tidak banyak paling Rp 300 ribu,” kata Ebi seperti dilansir Kumparan (16/7).

- Advertisement -